RSS

Ada apa dengan rem Toyota Avanza A/T S 1.5 yang berbunyi “Grek”?

15 Jun

Beberapa saat yang lalu saya sempat mengendarai Toyota Avanza matic 1.5 S A/T. Ketika pertama kali mencoba masuk ke “kokpit” mobil ini memang terpancar aura kemewahan, seperti transmission indicator pada panel speedometer, tuas knob transmisi yang mudah digenggam, power window, AC double blower, dan lain sebagainya. belum lagi, tambahan body kit, dan velg mewah yang merupakan default dari TAM (Toyota Astra Motor).

SISI LAIN (MASALAH)
Tetapi, ketika rem diinjak, lalu tuas transmisi dipindahkan ke D, dan rem pelan-pelan dilepas, terjadi masalah yang mungkin “katanya” simple tetapi menurut saya pribadi, ini menganggu kenyamanan. yaitu, bunyi “grek grek” ketika rem akan dilepas tersebut. hal ini juga terjadi ketika mobil melaju dan rem pelan-pelan diinjak. ketika mobil akan berhenti, bunyi “grek grek” tadi datang lagi, walaupun perasaan penuh seorang driver sudah digunakan. bunyi tersebut memang terjadi di sekitar sistem pengereman roda mobil ini.

APA YANG TERJADI?
beberapa saat lalu saya sempat mencari di google mengenai masalah ini. tetapi, sampai tulisan ini dibuat masih belum ada jawaban yang pasti mengenai masalah ini termasuk jawaban yang tidak pasti dari pihak toyota astra motor yang juga diposting pada sebuah forum di dunia maya.
jika memang ini merupakan masalah bagi pruoduk toyota terlaris tersebut, hendaknya toyota memiliki solusi bagi mobil ini. toh avanza dengan versi 1.3 M/T yang juga pernah saya kendarai sebelumnya tidak terjadi masalah serupa.
Malah, hal tersebut juga terjadi pada honda freed yang juga menggunakan transimisi matic. tetapi saya tidak membahas masalah itu karena posisi saya saat berkendara dengan honda freed hanyalah sebagai co-driver alias penumpang disamping supir, jadi saya tidak mengendarainya secara langsung.😀
dari sini timbul pertanyaan baru “Apakah rem seperti ini juga terjadi pada semua kendaraan matic”?

Kesimpulan Sederhana
Berdasarkan pandangan saya yang masih terlalu junior, disinyalir hal tersebut dikarenakan perawatan rem atau kondisi medan kendaraan cenderung berat atau berbedu. saya dapat berpendapat demikian dikarenakan pancarian kasus yang tidak terlalu banyak untuk hal ini, di jagat maya pun hanya sedikit web/microweb yang terkena kasus ini.
Memang satu hal yang perlu disadari disini, bahwa dibalik kelebihan suatu hal pasti tersimpan kekurangan, termasuk pada kasus rem avanza ini.😀
Salam Otomotif.

 
Leave a comment

Posted by on June 15, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
