RSS

Mendayagunakan Flashdisk Sebagai RAM (Random Acces Memory) Dengan Aplikasi Eboostr Berbasis Windows XP

24 Feb

Mungkin sudah lama sekali aplikasi ini muncul, tetapi bagaimanapun aplikasi ini patut diberi apresiasi atas kemampuannya menggantikan fungsi RAM pada komputer dengan hanya menggunakan media flashdrive (flashdisk). Tentu saja dengan melakukan langkah-langkah penginstallan terlebih dahulu. Sebelum kita berlanjut ke langkah-langkah penginstallan Eboostr, ada baiknya kita kenal lebih jauh apa itu Eboostr.

Eboostr adalah sebuah software yang mampu merubah fungsi flashdisk sebagai RAM PC dengan cara membangun memory cache pada flashdisk anda sesuai dengan besar kapasitas memory yang anda inginkan. Cache memory adalah memory sementara yang memiliki tingkat kecepatan akses data yang tinggi, Software ini dibuat untuk dapat meningkatkan / menambah fungsi memory RAM pada komputer bersistem opreasi windows XP.

Kenapa Windows XP?

Sebelum beranjak lebih jauh menganai pertanyaan ”kenapa windows xp?”, saya akan jelaskan dulu bahwa Eboostr tersedia untuk beberapa system operasi windows, dan untuk masing-masing versi dari sistem operasi dari windows, akan berbeda pula versi Eboostr yang digunakan. Disini, saya memilih system operasi windows XP, karena berdasarkan survey tidak resmi yang saya lakukan di beberapa tempat baik pribadi maupun komersil, mereka yang menggunakan system operasi windows XP adalah karena spesifikasi memori mereka yang kurang, sehingga system operasi ini bisa dijadikan solusi bagi computer berspesifikasi rendah. Windows XP dianggap sebagai system operasi yang flexible untuk menginstall program-program berbasis windows. pengalaman yang saya dapatkan, program-program berbasis windows, bisa berjalan di windows xp, namun belum tentu bisa berjalan di windows 7. Kemudian,  mudah digunakan oleh pengguna (User Friendly) dan “ringan”. Ringan disini memiliki arti, dalam menjalankan perintah dari user (pengguna), system operasi ini cenderung cepat dibandingkan dengan versi windows berikutnya, seperti windows vista & windows 7, tentu saja dengan spesifikasi komputer yang sama.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Secara resmi, anda bisa mendapatkan software ini di website http://www.eboostr.com , di website tersebut anda bisa membeli atau mendapatkan trial version secara gratis. Tapi, jika anda tetap ingin mendapatkan software ini secara gratis tanpa trial (cracked), saya memberi solusi dengan memberikan link download yang berisi folder berikut software+cracknya. Disini

Alat Dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan pendayagunaan flashdisk sebagai RAM, adalah sebagai berikut :

Satu unit komputer siap pakai. Pada praktiknya, penulis menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut.

Proccesor Pentium 4
Memory ( RAM ) 256 MB
Sistem Operasi Windows XP
Harddisk 20 GB
VGA Integrated
CD Drive CD ROM


Langkah-langkah installasi

1. Setelah anda berhasil mendapatkan software Eboostr, maka   langkah selanjutnya adalah menginstall software tersebut dengan cara klik kanan kemudian open.

2.Kemudian, pilih bahasa yang akan digunakan, dalam hal ini penulis memilih bahasa inggris sebagai bahasa penginstallan, lalu klik OK.

3. Klik next, untuk melanjutkan installasi.

4. Pada kotak dialog persetujuan, Klik “ I agree”.

5. Kemudian pilih lokasi pada kotak dialog penempatan installasi software Eboostr, dalam hal ini penulis menempatkan installasi software Eboostr pada Drive “C:\program files\”, lalu klik next.

6. Pada langkah ini, anda dapat menamai folder installasi Eboostr sesuai dengan nama yang anda inginkan, sekaligus opsi untuk membuat jalan pintas ( shortcut ) pada desktop. Pada kotak dialog ini penulis tidak merubah apapun. Untuk melanjutkan proses installasi, klik install dan proses installasi pun berlanjut.

7. Setelah proses installasi selesai, pilih “Reboot Now” dan klik “Finish”. Kemudian komputer akan merestart.

8. Setelah komputer restart, pilih dan klik “Yes” untuk memilih dan mengizinkan alat yang akan dibangun memory cache.

9. Kemudian, pilih tempat yang akan difungsikan sebagai RAM, yaitu USB Flash Drive atau flash disk.

10. Kemudian masukkan besar memory yang anda inginkan, tentunya kapasitas pada Flashdisk anda akan berkurang, sesuai dengan memory yang anda atur pada software Eboostr. Disini penulis memasukkan memory sebesar 512 MB,  lalu klik OK.

11. Aplikasi Eboostr pun akan mengalokasikan memory cache ke Flash disk anda.

12. Dengan demikin, maka flash disk anda telah dapat difungsikan sebagai RAM pada komputer.

Nama: Rizky Pratama Putra Perkasa

NPM: 26110185

Kelas: 1kb02

Ilmu Budaya Dasar

*Tulisan ini bukan plagiatisme, tulisan ini merupakan judul laporan prakerin saya pribadi sewaktu SMK.

 
2 Comments

Posted by on February 24, 2011 in Uncategorized

 

2 responses to “Mendayagunakan Flashdisk Sebagai RAM (Random Acces Memory) Dengan Aplikasi Eboostr Berbasis Windows XP

  1. aleXandrian

    February 11, 2012 at 04:56

    Bagaimana jika flashdisk yang tertancap pada komputer tersebut dicabut? Apakah boleh? Apa nanti harus disetting lagi?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: