RSS

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan

26 Dec

 

ILMU PENGETAHUAN

Ilmu Pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

 

4 HAL SIKAP ILMIAH

1. Tidak ada perasaan yang pamrih dalam mengerjakan kegiatan ilmiah sehingga menghasilkan Ilmu    pengetahuan ilmiah yang objektif.

2. Selektif dalam penentuan kegiatan ilmiah sehingga problema yang diteliti terdukung oleh fakta dan gejala dan mengadakan pemilihan terhadap hipotesis yang telah ada.

3. Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap alat indra dan budi yangdigunakan untuk mencapai ilmu.

4. Merasa pasti bahwasetiap pendapat, teori maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.

 

TEKNOLOGI


Teknologi adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi. Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.

Karena teknologi di dunia ini ada banyak sekali maka penerapannya kemudian dibagi-bagi lagi kedalam cabang-cabang teknologi yang sudah banyak diterapkan pada masa kini seperti diantaranya teknologi komunikasi, teknologi nuklir, teknologi computer, bioteknologi, teknologi kedokteran dan masih banyak lagi teknologi-teknologi yang lainnya.
CIRI-CIRI FENOMENA TEKNIK PADA MASYARAKAT
1. Rasionalistas, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional
2. Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah
3. Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Demikian juga dengan teknik mampu mengeliminasikan kegiatan non teknis menjadi kegiatan teknis
4. Teknik berkembang pada suatu kebudayaan
5. Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung
6. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan
7. otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.
Teknologi yang berkembang denan pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia.
PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, & NILAI
-ILMU PENGETAHUAN adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
TEKNOLOGI adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
NILAI Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna
bagi manusia.
CIRI-CIRI MANUSIA YANG HIDUP DI BAWAH GARIS KEMISKINAN
-Tidak memiliki faktor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan. Dll
-Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh
tanah garapan ataua modal usaha
-Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai taman SD
-Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas
-Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.
FUNGSI KEMISKINAN
Pertama : adalah menyediakan tenaga kerja untuk pekerjaan kotor,tidak terhormat,berat,berbahaya,tetapi di bayar murah.

Kedua : kemiskinan adalah menambah atau memperpanjang nilai guna barang atau jasa.baju bekas yang sudah tidak terpakai dapat di jual ( atau dengan bangga di katakan ” di infakan ”)kepada orang-orang miskin.

Ketiga : kemiskinan adalah mensubsidi berbagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan orang-orang kaya.pegawai-pegawai kecil,karena di bayar murah,petani tidak boleh menaikan harga beras mereka untuk mensubsidi orang-orang kota.

Keempat : kemiskinan adalah menyediakan lapangan kerja,bagaimana mungkin orang miskin memberikan lapangan kerja ? karena ada orang miskin lahirlah pekerjaan tukang kredit ( barang atau uang ) aktivis-aktivis LSM ( yang menyalurkan dana dari badan-badan internasional lewat para aktivis yang belum mendapatkan pekerjaan kantor ) belakangan kita tahu bahwa tidak ada komunitas yang paling laku di jual oleh negara ketiga di pasaran internasional selain kemiskinan.

Kelima : kemiskinan adalah memperteguh status sosial orang-orang kaya,perhatikan jasa orang miskin pada perilaku orang-orang kaya baru.sopir yang menemaninya memberikan label bos kepadanya.Nyonya-nyonya dapat menunjukan kekuasaannya dengan memerintah inem-inem mengurus rumah tangganya.

Keenam : orang miskin juga bermamfaat untuk di jadikan tumbal pembangunan.untuk mempertahankan martabat bangsa di hadapan bangsa-bangsa asing,pekerjaan yang tidak manuasiawi harus di hapuskan.untuk itu ribuan tukang bacak di siapkan untuk menjadi tumbal.ribuan becak di tengelamkan le dalam laut dan tidak ada ganti rugi sama sekali.

 

PENDAPAT SAYA..

Melihat dari begitu berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, tentu saja menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai masyarakat dunia. namun, jika kita melihat kembali ke belakang mengenai orang-orang miskin yang terbilang masih banyak, pengembangan ilmu dan teknologi di atas dirasakan kurang bermanfaat atau tidak diketahui dan tidak di aplikasikan bagi masyarakat dunia secara keseluruhan.

mengacu kepada saya pribadi, hal ini tentu saja di sebabkan oleh banyak faktor. diantaranya kurang adanya sosialisasi, kepedulian sesama, dan pengaplikasian yang kurang bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan. untuk itu, sebagai umat manusia yang juga merupakan penduduk dunia, tidak ada salahnya kita menggunakan ilmu dan yeknologi yang berkembang pesat ini ke sesama manusiam khususnya bagi mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. sehingga, meskipun mereka hidup miskin, tetapi sangat tidak cocok dikatakan mereka miskin ilmu.

 
Leave a comment

Posted by on December 26, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: