RSS

PEMUDA & SOSIALISASI

09 Nov

Pemuda

Pemuda adalah individu dan atau kelompok yang berumur belasan tahun, memiliki semangat juang yang tinggi untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya, berani untuk berbuat & berani untuk bermimpi. Namun, jika tidak dibina dengan baik dan benar, energi besar yang dimiliki oleh pemuda tersebut, dapat berubah menjadi sesauatu yang berbahaya, bahkan mengerikan.

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi

adalah satu konsep umum yang bisa dimaknakan sebagai sebuah proses di mana kita belajar melalui interaksi dengan orang lain, tentang cara berpikir, merasakan, dan bertindak, di mana kesemuanya itu merupakan hal-hal yang sangat penting dalam menghasilkan partisipasi sosial yang efektif.

 

 

 

 

 

 

 

Internalisasi Belajar & Sosialisasi

Internalisasi Belajar yaitu proses pendalaman materi ajar yang diberikan kepada pelajar dari berbagai sumber dan aspek yang ada di kehidupannya. sedangkan, Sosialisasi adalah proses manusia untuk berinterkasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Internalisasi adalah proses pemasukan nilai pada seseorang yang akan membentuk pola pikirnya dalam melihat makna realitas pengalaman. Nilai-nilai tersebut bisa jadi dari berbagai aspek baik agama, budaya, norma sosial dll. Pemaknaan atas nilai inilah yang mewarnai pemaknaan dan penyikapan manusia terhadap diri, lingkungan dan kenyataan di sekelilingnya.

 

Peranan Sosial Mahasiswa Dan Pemuda Di Masyarakat

Peranan sosial mahasiswa & pemuda di masyarakat adalah sebagai tonggak untuk menjalankan aktivitas sosial yang ada di lingkungan sekitar, sekaligus sebagai pembangun generasi muda untuk bangsa & SDM yang lebih baik di masa depan.

 

Pola dasar pembinaan dan perkembangan generasi muda adalah:

Landasan idiil                                               : pancasila

Landasan konstitusional                            : Undang-Undang dasar 1945

Landasan strategis                                     : Garis-garis Besar Haluan Negara

Landasan History                                       : Sumpah pemuda 28 oktober 1928 dan proklamasi kemerdekaan 17 agustus1945.

Landasan normatif                                     : Etika,tata nilai dan kebudayaan luhur.

Tanpa ikut sertanya pemuda dalam pembangunan suatu negara akan berjalan sulit,bukan karena pemuda sebagai lapisan masyarakat yang cukup besar tetapi juga tanpa adanya kegairahan dan kreatifitas dalam menciptakan pembangunan nasional akan berjalan sulit.

 

Pengertian pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda

1. generasi muda sebagai subyek pengembangan dan pembinaan adalah mereka yang memiliki bekal-bekal dan landasan untuk mandiri dalam keterlibatannya.

2. Generasi muda sebagai obyek pembinaan dan pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pengembangan dan pengembangan pendidikan ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuan ke tingkat yang optimal.

 

Tujuan pokok sosialisasi

adalah untuk membuat mahasiswa menjadi lebih terbuka terhadap orang-orang ataupun kejadian-kejadian di sekitarnya.

 

Pengembangan Potensi Generasi Muda

Pengembangan potensi generasi muda dapat disalurkan melalui kegiatan – kegiatan positif yang nantinya mampu mendatangakan hal positif pula, baik bagi individu maupun bangsa. sebagai contoh, oraganisasi yang di sediakan ditempat pendidikan sesungguhnya mampu mendatangkan hal positif bagi pelajar, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), OSIS, Himpunan Fakultas, & Sebagainya, atau melalui organisasi yang berada di sekitar tempat tinggal, seperti Karang Taruna

 

Masalah Yang Terjadi Pada Generasi Muda

Masalah yang terjadi pada generasi muda, secara garis besar dapat dikatakan sebagai kasus degradasi moral dan kurangnya pemahaman mengenai ideologi bangsa, sehingga hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap perkembangan generasi, seperti: tawuran, narkoba, sex bebas, minuman keras dan sebagainya.

 

Opini :

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa sesungguhnya, permasalahan pemuda yang terjadi sekarang secara garis besar dapat di kategorikan sebagai degradasi moral. sehingga, solusi dari permasalahan di atas adalah sistem pendidikan yang dianut pemerintah sekarang, karena dirasakan terbukti kurang efektif membentuk generasi penerus, peran keluarga ( orang tua ) juga menjadi faktor penting disini. namun, semua itu tergantung dari diri kita untuk mau menjadi baik atau lebih baik, baik atau lebih baik adalah sebuah pilihan.

 
Leave a comment

Posted by on November 9, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: