RSS

My Vision: MULTI-GEAR TACHOMETER INDICATOR

14 May

Nama  : Rizky Pratama Putra Perkasa

NPM    : 26110185

Kelas   : 2KB01

Tugas  : IMK mengenai impian terkait SISTEM DIGITAL

MULTI-GEAR TACHOMETER INDICATOR

Pernahakah anda mengalami kendala saat menurunkan gigi/persneling kendaraan anda? Sehingga putaran mesin anda menjadi tinggi dan terjadi perpindahan yang kasar?

Ya, hal tersebut dikarenakan putaran mesin anda pada persneling saat itu lebih kecil dibandingkan dengan rasio gear/persneling yang akan anda tuju. Sehingga anda harus membuat putaran mesin sesuai dengan gear/persneling yang akan anda tuju.

Sebagai contoh, anda sedang berkendara dengan sepeda motor dengan kecepatan 50 km/h dengan persneling berada pada gigi 4, karena torsi dari gigi 4 anda rasakan kurang, kemudian anda menurunkan persneling ke gigi 3, jika feeling anda terhadap putaran mesin tidak begitu bagus, yang terjadi adalah putaran/RPM motor anda menjadi tinggi dan terjadi sentakan ke arah belakang diakibatkan oleh perubahan rpm dari rendah ke tinggi tersebut.

Solusi?

Sesungguhnya permasalahan di atas dikarenkan kita tidak mengetahui berapa putaran mesin yang sedang berlangsung pada masing-masing persneling.

Ya, memang selama ini kita sudah mengenal tacho meter sebagai indicator putaran mesin. Tetapi, indikator ini hanya menunjukan putaran mesin yang sedang berlangsung pada persneling yang saat itu kita gunakan.

Sehingga, kita butuh indikator yang menunjukan putaran mesin yang sedang berlangsung pada masing-masing persneling.

Saya pribadi memberi nama indicator tersebut sebagai ‘’MULTI-GEAR TACHOMETER INDICATOR’’ Seperti inilah estimasi interface speedometer-set pada kendaraan anda yang tentunya menggunakan sistem digital dengan format 7 segment.

KONDISI GEAR-RPM                                               KONDISI KENDARAAN SAAT INI

(MULTI-GEAR TACHOMETER INDICATOR)

Pada kondisi di atas, untuk melakukan perpindahan persneling ke gear 3, yang harus anda lakukan adalah :

1. Lakukan kopling pada kendaraan anda

2. Turunkan persneling ke persneling yang anda inginkan. (dalam kasus ini dari gear 4 ke 3)

3. Samakan putaran mesin/RPM kea rah persneling yang anda inginkan. (dalam kasus ini gas harus di

atur hingga putaran mesin saat ini menjadi 3694 è gear 3)

4. lepaskan mesin dari pengkoplingan.

Dengan demikian, peralihan gear dari 4 ke 3 akan terasa halus.

Bagaimana cara membuatnya?

Banyaknya bahan mentah elektronik yang tersedia membuat hal yang berkaitan dengan hal ini bisa saja dilakukan. Untuk membuat RPM pada masing-masing gear berjalan, kita bisa menambahkan IC dengan program di dalamnya yang sudah diatur sebelumnya. Kemudian dengan rangkaian elekronik yang dikaitkan dengan 7 segment, kita sudah dapat menciptakan ‘’MULTI-GEAR TACHOMETER INDICATOR’’.

Dan hingga saat ini, belum ada pabrikan kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 yang berpikir untuk membuat indikator yang mampu membuat kendaraan manual terasa halus saat melakukan penpindahan transmisi.

Rizky Pratama Putra Perkasa

Facebook: facebook.com/rizky.p.putra91

Twitter: @rizkypratamapp

 
Leave a comment

Posted by on May 14, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: